Alasan Negara Indonesia Hanya Memiliki Dua Musim Saja

Pada kesempatan kali ini Infoana akan menjelasn mengenai beberapa alasan mengapa di Indonesia hanya memiliki dua musim saja. Memang iklim dan cuaca di seluruh dunia ini cukup beragam. Semuanya mengacu pada letak geografis dan letak astronomis suatu wilayah. Seperti di Indonesia ini yang letaknya tepat di garis khatulistiwa dan diapit oleh dua benua.

Infoana

Dua benua ini adalah benya Asia dan benua Australia sehingga beriklim tropis. Memang iklim yang ada di Eropa sangat berbeda dengan iklim yang ada di Asia. Kalau di benua Eropa lebih banyak musimnya seperti musim dingin, musim salju dan lainnya. sementara di Indonesia hanya ada dua musim yaitu musim kemarau dan penghujan.

Di negara seperti Amerika sering kali terjadi badai angin yang sangat besar sehingga sering menyerang daerah tersebut. Kalau di Indonesia karena berada di garis khatulistiwa maka lebih aman dari bahaya angin badai. Hal ini terjadi karena pancaran sinar matahari yang lebih maksimal sehingga tekanan udaranya rendah.

Infoana menjelaskan bahwa iklim dan cuaca yang ada di Indonesia ini dipengaruhi oleh adany agerak semu tahunan matahari dan gerak angin. Jadi angin ini bergerak dari tekanan maksimum menuju ke daerah tekanan rendah.

Kita ketahui bersama kalau tekanan dan suhu ini berbanding terbaik sehingga kalau suhunya semakin tinggi maka tekanannya semakin rendah. Kemudian adanya perbedaan tekanan udara suhu ini akan menghasilkan gerak angin secara global.

Di Indonesia sendiri akan dilalu oleh angin global setiap 6 bulan sekali. Angin inilah yang akhirnya disebut dengan angin musim atau muson. Angin ini bertiup dari Asia ke Australia dan sebaliknya. Angin muson sendiri terdapa dua karakteristik yaitu angin muson barat dan muson timur.

Angin muson barat ini dari Asia ke Australia yang berhembus dari bulan Oktober sampai Februari. Sementara angin muson timur ini kebalikannya angin bergerak dari Australia ke Asia yang berhembus dari bulan April sampai September.

Demikianlah penjelasan dari Infoana mengenai alasan Indonesia memiliki 2 musim saja. Jadi musim kemarau dan musim hujan di Indonesia ini disebabkan oleh letak geografis dan astronomis. Sebagai wilayah yang letaknya di garis khatulistiwa maka daerah tersebut relatih aman dari bahaya badai angin.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *